Wisata ke Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen

Pemandian air panas Bayanan merupakan salah satu destinasi wisata utama di Kabupaten Sragen. Pemandian air panas tBayanan terletak sekitar 17 km dari pusat Kota Sragen, tepatnya di Dusun Bayanan, Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen. Sumber air panas Bayanan berasal dari alam yang keluar dari dalam perut bumi dan terletak kurang lebih dua meter di atas sungai yang berada disebelahnya. 


Pemandian air panas Bayanan semula merupakan bekas tempat tetirah para saudagar kaya Belanda yang dibangun pada tahun 1808 oleh Tuan Praul. Setelah Indonesia merdeka, pemandian air panas Bayanan diambil alih oleh pemerintah Republik Indonesia. Pada tahun 1978, pemandian air panas Bayanan di renovasi, setahun kemudian diresmikan sebagai obyek wisata dibawah pengelolaan pemerintah Kabupaten Sragen. 



Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, pemandian air panas Bayanan memiliki banyak khasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti : rematik, gatal-gatal, dan penyakit lainnya. Oleh para sesepuh desa, sumber air panas tersebut diberi nama "Hyang Tirto Nirmolo". Hyang Tirto Nirmolo dipercaya penduduk sekitar sebagai makhlus halus penjaga pemandian air panas Bayanan yang suka menolong dan menyembuhkan orang sakit. Seiring berjalannya waktu, kebenaran khasiat sumber air panas Bayanan tersebar sehingga membuat banyak pengunjung berdatangan untuk membuktikan khasiatnya. Selain dapat menyembuhkan berbagai penyakit, sumber air panas Bayanan dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas, menghilangkan capek, dan membuat awet muda. 


Selain sebagai wisata kesehatan, pemandian air panas Bayanan juga memiliki daya tarik wisata alam. Suasana khas pedesaan yang masih alami dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung yang berasal dari perkotaan. Pengunjung bisa melakukan kegiatan menjelajah (tracking) dan berkemah (camping) di hutan karet yang berada tidak jauh dari lokasi pemandian dan dikawasan bukit yang mengitari pemandian air panas Bayanan. Untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke tempat ini, pada bulan tertentu misalnya saat puasa dan lebaran diadakan kegiatan seni budaya seperti dangdut maupun campursari. 

Rute Menuju Pemandian Air Panas Bayanan
Untuk menuju pemandian air panas Bayanan, bagi Anda dari Sragen bisa melewati Jalan Raya Sragen-Ngawi melalui Tunjungan, setelah sampai di SPBU Tunjungan silahkan ambil ke arah Sine. Dari Sine ambil jalur arah Sragen hingga menemukan Pasar Winong kemudian belok kiri ke arah sambi menuju pemandian air panas Bayanan. 

Harga Tiket Pemandian Air Panas Bayanan
Harga tiket masuk pemandian air panas Bayanan adalah Rp. 10.000,-/orang. Berbagai fasilitas akan pengunjung dapatkan disini, mulai dari kamar mandi air panas, area parkir, taman rekreasi dan bermain untuk anak, hutan wisata, warung makan, ruang informasi, musholla, dan toilet.

Berlangganan via email

Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Wisata ke Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © Sobo Srawung. All rights reserved.
Template By Kuncidunia