Menikmati Segarnya Air Terjun Kedung Kayang di Boyolali

Banyak sekali destinasi wisata air terjun di Indonesia. Salah satunya adalah air terjun Kedung Kayang. Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali yakni di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. 


Air Terjun Kedung Kayang terletak di alur Sungai Pabelan yang berasal dari dua gunung yaitu, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Air terjun ini memiliki tinggi 39 meter dengan kemiringan tebing 80 derajat dan berada pada ketinggian 950 mdpl. 

Nama Kedung Kayang berasal dari para Empu yang berada di sekitar wilayah tersebut yaitu : Empu Panggung, Empu Putut dan Empu Khalik. Pada zaman dahulu mereka sering mengadakan pertemuan di lokasi itu. Tujuan dari pertemuan adalah akan mengadakan adu kesaktian yang berupa Tanding Balang (Adu Lempar). 


Tanding Balang (Adu Lempar) dilaksanakan pada bulan Suro (Muharram). Agar menang, para empu diharuskan bisa balang kedung (lempar kedung) dengan telur dan telurnya masih utuh bila sampai di kedung. Ternyata seluruh telur pecah setelah masuk kedung, kemudian para Empu menuruni tebing untuk melihat kedung itu. Namun, anehnya cangkang ketiga telur itu tidak ada di dalam kedung.

Para Empu sepakat untuk memberikan nama pada kedung tersebut Kedung Kayang. Pecahan telur itu oleh Kyai Gadung Melati dan Nyai Widari Welas dijadikan tiga mata air, yaitu : Telur Empu Putut menjadi mata air yang keluar dari batu di tengah tebing bagian utara. Telur Empu Panggung menjadi mata air yang keluar di sebelah timur air terjun. Telur Empu Khalik menjadi mata air yang keluar di sebelah barat air terjun. 


Untuk bisa menikmati keindahan air terjun Kedung Kayang, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan cor blok, hutan dan sungai. Keindahan air terjun Kedung Kayang sesekali akan nampak di balik pepohonan. Bagi pengunjung yang merasa lelah, dapat beristirahat sejenak di gubug-gubug kecil yang sudah disediakan.

Setelah sampai di air terjun Kedung Kayang, suasana sepi langsung terasa. Hanya ada suara gemuruh air terjun dan canda tawa pengunjung. Debit air terjun Kedung Kayang sangat deras, sehingga terasa sangat segar ketika mandi dibawahnya. Selain mandi, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah camping di bumi perkemahan Wonolelo dekat air terjun.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Kayang
Untuk menuju Air Terjun Kedung Kayang, dari Jogja bisa melewati Jalan Jogja-Magelang sampai di Ketep Pass, dari situ turun hingga menemukan simpang jalan. Kemudian belok kiri menuju Boyolali. Ikuti papan penunjuk jalan menuju Kedung Kayang. 

Harga Tiket Wisata Air Terjun Kedung Kayang
Untuk masuk ke obyek wisata Air Terjun Kedung Kayang, pengunjung harus membayar Rp. 4.000,-/orang. Fasilitas disini sangat lengkap ada penginapan, warung makan, bumi perkemahan, area parkir, musholla, dan toilet. 

Berlangganan via email

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Menikmati Segarnya Air Terjun Kedung Kayang di Boyolali"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © Sobo Srawung. All rights reserved.
Template By Kuncidunia